Thursday, July 19, 2012

Cara membuat website dinamis

Proses cara pembuatan website dinamis setidaknya di kelompokan menjadi 2 cara. Anda bisa memilih salah satu cara dari yang saya berikan karena setiap cara mempunyai keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Menggunakan Bahasa Program Web
Menggunakan Program Open Souce

Membuat Website Dinamis - Bahasa Program

Maksudnya dari bahasa program adalah bahwa anda membuat/mengetik sendiri kode program untuk membuat website dinamis atau lebih dikenal dengan istilan IT nya adalah ngoding.

Untuk membuat website melalui cara Ngoding anda tidak perlu mempelajari seluruh bahasa pemrogramman tetapi anda cukup memilih salah satu bahasa program kemudian mempelajarinya dan mengembangkannya.

Ini adalah bahasa program website yang digunakan pada umumnya:
Hypertext Processor (PHP)
Java Server Page (JSP )
Active Server Page (ASP)
Secara pribadi saya hanya bisa PHP karena dari awal saya hanya mempelajari ini dan php juga sudah sangat popular karena kebanyakan website dibuat menggunakan php. Maka nanti setiap pembahasan cara membuatwebsite dalam blog ini akan selalu menggunakan PHP.
Proses Pembuatan
Anda harus mempelajari PHP atau ASP dan sebagai refrensi anda bisa langsung belajar menggunakan W3Schools disana akan di berikan penjelasan dan tutorial contoh kodenya. Setelah itu anda bisa membuat program website dinamis sesuai keinginan anda


Kekurangan
Anda membutuhkan banyak waktu dan upaya extra untuk bisa membuat website yang dinamis.

Keunggulan 
Anda bisa membuat website yang custom sesuai dengan kebutuhan anda untuk website


Memang dibutuhkan upaya untuk mempelajari hal tersebut tetapi percayalah hasilnya pasti memuaskan. Jika anda tidak punya banyak waktu untuk belajar ini dan itu saya sarankan anda baca artikel dibawah ini.

Membuat Website Dinamis - Program Open Source

Kali ini cukup berbeda karena anda tidak perlu memahami bahasa program tetapi anda sudah bisa membuat website. Bagaimana caranya? anda bisa memanfaatkan beberapa program open source yang tersedia anda tinggal mendownloadnya dan langsung meng installnya.
Program Open Source:
WordPress
Joomla
Drupal
Sebenarnya masih banyak program lain yang mungkin tidak bisa saya sebutkan, tetapi ke 3 open source di atas merupakan program popular yang sekarang sedang trend digunakan.
Ketiga program open source ini dibuat menggunakan bahasa program PHP. Dalam blog ini saya kan menggunakan WordPress sebagai bahan materinya mengingat kecanggihan yang dimilikinya.

Proses Pembuatan
Pertama tentu anda harus mendownload programnya terlebih dahulu baru kemudian setelah itu anda bisa mempersiapkan Domain dan Hosting sebagai tempat dimana anda akan menginstall programnya.

PENTING : untuk bisa menggunakan wordpress maka di tempat anda membeli hosting minimal harus mendukung PHP dan MySQL (Database). Sebab jika tidak anda harus membeli hosting lain atau anda bisa upgrade ke paket yang mendukung hal ini.

Untuk proses belajar atau pecobaan sebenarnya anda tidak harus membeli hosting atau domain terlebih dahulu untuk membuat website dinamis. Bagaimana caranya? Kita bisa menggunakan komputer yang anda gunakan saat ini seolah-olah sebagai hosting menggunakan software pendukung yaitu xampp.
Anda cukup download dan kemudian install xampp setelah itu masukan file WordPress yang telah di download ke dalam folder yang telah di sediakan oleh xampp.

Keunggulan
Anda bisa membuat website dengan cepat hitungan menit, tanpa harus memahami bahasa program.

Kekurangan
Anda tidak bisa melakukan customisasi penuh untuk merubah website sesuai dengan kebutuhan anda.


-------------------------------------------
Mau tau website statis? cari tau cara membuat website statis

0 comments:

Post a Comment