Wednesday, July 11, 2012

2 Jenis Metode Pembuatan Website

Apa maksudnya 2 jenis website?
Hal itu memaksudkan bahwa website yang ingin kita buat termasuk dalam kategori yang mana? Ya sebenarnya ada dua jenis website yaitu :
  1. Website Statis (Static)
  2. Website Dinamis (Dynamic)

Pengertian dan Pembuatan Website Statis

Secara sederhana Website Statis merupakan website yang tidak membutuhkan database untuk menampilkan kontennya karena konten sudah dibentuk bersamaan dalam bahasa pemrograman. Setiap perubahan konten website maka diperlukan perubahan pula pada programnya.
Untuk membuat website statis anda hanya perlu memahami HTML, CSS dan JavaScript ( javascript hanya opsional saja). Ini adalah bahasa program yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website.
Untuk mempelajari HTML, CSS, Javascript anda bisa mempelajari dari website berbahasa inggris di W3Schols. Website ini membantu anda mengenal HTML, CSS, JavaScript dari dasar. 
Saran saya, anda harus pelajari HTML karena ini sangat vital. CSS hanya tambahan untuk mempercantik halaman website begitu juga Javascript untuk membuat website lebih interaktif.
Pasti anda pusing lihat kode-kode disana!! he.he.. Jangan khawatir anda tidak perlu mahir tetapi cukup tau saja dan paham :). 
"Toh kenyataanya saya yang sudah bertahun-tahun bergelut dibidang web terkadang lupa juga dengan kode HTML jadi pegangan saya ya tinggal googling atau lihat w3school" - hary


HTML cukup mudah untuk di pelajari dan tidak membutuhkan logika rumit jadi anda tidak perlu kawatir dengan kode-kodenya.



ADOBE DREAM WEAVER


Kabar gembira untuk anda!!! Ada software pembuat website yang sudah secara otomatis membuat kode-kode html sehingga anda tidak perlu pusing-pusing dengan HTML. Adobe Dreamweaver merupakan software pembuat website yang merupakan salah satu rekomendasi saya.
saya sudah menggunakan dreamweaver sejak tahun 2007 hingga saat ini pun masih menggunakannya.
Software pembuat website ini cukup mudah dipelajari seperti anda menggunakan Ms. Word. 


Website Dinamis

Sedangkan website Dinamis kebalikan dari website statis, membutuhkan database untuk menampilkan data dan setiap perubahan data tidak membutuhkan perubahan pada program, jadi cukup ganti kontent tanpa harus pusing memikirkan bahasa pemrograman. Contoh Website berita seperti DETIK, Kompas sangat cocok menggunakan dinamis.
Kalau yang ini  pasti akan cukup rumit buat anda yang pemula. Proses pembuatan website dinamis tergolong rumit karena ada banyak yang harus anda pelajari kalau anda memang benar-benar ingin membuat website dinamis.
Bahasa pemrogramman pasti tetap sama dengan web statis yaitu HTML, CSS, dan Javascript tetapi agar bisa berinteraksi dengan database anda harus belajar lagi bahasa pemrogramman  seperti contohnya PHP (ini merupakan bahasa pemrogramman yang cukup popular) dan ini membutuhkan logika yang rumit (bergantung dari kerumitan website) selain itu juga interaksi dengan database.

Bukan menakut-nakuti, tetapi kalau memang anda belajar dari NOL pasti akan banyak menyita waktu anda hanya untuk mempelajari bahasa pemrogramman web. Bisa jadi fokus utama anda untuk memiliki website bisa buyar karena sudah pusing duluan atau bahkan teralihkan karena terlalu asyik mempelajari bahasa program.


Jadi seperti yang sudah saya sebutkan di artikel awal dibutuhkan kesabaran untuk membuat website

KABAR GEMBIRA LAGI
Wah selalu ada kabar gembira yah untuk anda? :). Seiring dengan kemajuan teknologi IT ada banyak software yang sudah dikembangkan dan dibagikan secara open source untuk membuat website dinamis. Seperti WordPress, Joomla, Drupal.
Dalam blog ini nantinya saya akan membantu anda mengenal WordPress lebih dalam, karena wordpress sudah sangat popular dan menakjubkan. Jadi anda tidak perlu pusing-pusing lagi dengan bahasa pemrograman tetapi anda bisa fokus ke website macam apa yang ingin dibuat.

Jadi ingin pilih jenis website yang mana untuk website yang akan anda buat? itu semua bergantung dari kebutuhan website Anda.
Silakan pilih kebutuhan anda melalui link di bawah ini:

1. Membuat Website Statis

2. Membuat Website Dinamis


0 comments:

Post a Comment